Dana Hibah Partai Politik di Kabupaten Basel Naik Jadi Rp 15.000 per Suara

TOBOALI – Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan menaikkan dana hibah untuk Partai Politik (parpol) di wilayahnya dari Rp Rp 7.576 per suara menjadi Rp 15.000. Kenaikan ini atas persetujuan Pj. Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Ridwan Djamaludin.


Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid mengatakan besaran nilai bantuan tersebut untuk partai politik pemilik kursi di Kabupaten Bangka Selatan. Meskipun demikian kenaikan ini juga tidak serta merta naik begitu saja, tetapi melalui mekanisme yang tidak bertentangan dengan aturan.

“Jadi untuk peningkatan pendidikan politik bagi konstituen dan operasional lembaga partai politik. Perimbangan pemanfaatan keuangan ini paling tidak 60 % : 40 %. Hal ini sebagai upaya agar partisipasi pemilih dan kesadaran masyarakat tentang politik pertambah,” ujar Bupati dikonfirmasi Mediaqu, Rabu (10/8/22).

Ia menyebut, usulan kenaikan telah disampaikan kepada Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Hasilnya, pemerintah daerah diminta melengkapi beberapa kajian. Evaluasi itu, juga telah disampaikan kembali ke provinsi.

Adapun dasar kenaikan hibah adalah diantara Rekomendasi Tim Penilaian terhadap permohonan kenaikan keuangan partai politik Tahun 2022 yang dituangkan dalam berita acara persetujuan, tanggal 16 Juni 2022.

‘Maka dengan demikian kenaikan belanja hibah partai politik telah mengikuti pedoman yang ada. Maka dari itu, Kesbangpol Kabupaten Bangka Selatan dapat memproses ajuan Partai Politik sesuai dengan mekanisme dan ketentuan yang ada,” pungkas Riza.

Hal senada juga dibenarkan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Selatan, Eddy Supriadi, bahwa hibah untuk Partai Politik ini lebih ditekankan pada pendidikan politik bagi masyarakat, dengan persentase lebih tinggi dari pada operasional.

“Harapannya seluruh elemen di Kabupaten Bangka Selatan tetap selalu sinergi dalam membangun,” kata Eddy. (Bim)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *