3 Mobil Damkar Sedot Genangan Banjir di Rawa Bangun

BANGKA SELATAN – Tiga mobil pemadam kebakaran bergerak cepat membantu menyedot genangan banjir akibat hujan deras yang terjadi di wilayah Rawa Bangun, Kelurahan Toboali Kecamatan Toboali,Kabupaten Bangka Selatan, Selasa (17/1/23).

Kepala Bidang Pemadam Kebakaran Kabupaten Bangka Selatan, Agus Alvando mengatakan, hingga Selasa sore, pihaknya bekerja keras melakukan penyedotan air yang masih merendam di wilayah itu.

“Dikerahkan tiga unit dan lima belas personel ke lokasi untuk melakukan evakuasi terhadap warga yang terkena banjir. Alhamdulillah, efek dari penyedotan ini bisa lebih cepat mengurangi genangan,” kata dia di konfirmasi Mediaqu.co.

Selain upaya taktis, menurut Agus, petugas pemadam kebakaran Kabupaten Bangka Selatan juga bergerak ekstra untuk menanggulangi genangan. Langkah itu dilakukan melalui normalisasi dan pembersihan saluran-saluran primer.

“Yang pasti kami pertama normalisasi saluran berupa pengerukan dan pembersihan saluran-saluran primer. Petugas damkar dan penanggulangan bencana terus memonitoring genangan air banjir tersebut,” pungkasnya.

Diketahui, permukiman warga Rawa Bangun yakni RT 01, 02, 03, dan RT 04, terendam banjir akibat hujan deras yang mengguyur pada Selasa (17/1/23) siang.

Hujan lebat yang mengguyur selama sekitar 4 jam, memicu banjir setinggi 50 sentimeter. Banjir juga merendam permukiman warga, barang-barang berharga pun diselamatkan agar tidak rusak. Meskipun banjir sempat tinggi, namun kini banjir surut. (Suf)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *