Bantu Petani, Debby Dorong ASN Beli Beras Lokal

BANGKA SELATAN – Sebagai bentuk komitmen nyata dalam mendukung pertumbuhan ekonomi daerah, dan terwujudnya ketahanan pangan di Kabupaten Bangka Selatan, maka ASN diharapkan untuk membeli beras petani desa Rias.

Hal ini disampaikan Wakil Bupati Bangka Selatan, Debby Vita Dewi saat kunjungan Kajati Provinsi Bangka Belitung, Asep Maryono di Trans Rias SPB, Desa Rias, Kabupaten Bangka Selatan, Rabu (30/8/23).

“Di Kabupaten Bangka Selatan ini ada beras lokal dari desa Rias. Oleh karena itu seluruh ASN di Bangka Selatan harus membeli beras lokal agar membantu petani,” ujar Debby.

Sejalan dengan itu, Bupati Bangka Selatan melalui Peraturan Bupati Nomor 14 Tahun 2021 dengan tegas mewajibkan agar seluruh pegawai di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan dapat mengkonsumsi beras lokal.

“Saya yakin ekonomi daerah akan meningkat, kesejahteraan petani lokal semakin baik, kebutuhan pangan masyarakat tercukupi. Mari bantu petani agar dari hulu ke hilir berjalan dengan baik dan makin berkah,” harap Debby.

Diberitakan sebelumnya, Wakil Bupati Bangka Selatan, Debby Vita Dewi telah memberikan dukungan penuh untuk pengembangan sektor pertanian dalam arti luas, khususnya pertanian padi sawah dalam rangka mencapai ketahanan pangan.

‚ÄúSemangat petani harus dipacu sehingga ada kemauan untuk meningkatkan produksi dan produktifitas. Pemkab Bangka Selatan melalui Dinas Pertanian juga akan terus memberikan pendampingan secara terus menerus SDM petani,” sebutnya.

Lanjutnya, pemerintah daerah juga memberikan dukungan penuh terhadap kemajuan petani yang tergabung dalam Gabungan Kelompok Tani, baik untuk metode tanam, pembinaan dan penyuluhan kepada petani maupun membangun infrastruktur penunjang pertanian.

“Selain itu ada program Aik Bakung yaitu bazar layanan kepada masyarakat diantaranya beras lokal pasar tani, donor darah, bazar UMKM, cek kesehatan gratis, sim keliling, layanan PLN, sosialisasi zakat, bank sampah, sosialisasi konsultasi layanan perizinan,” jelas Debby. (Suf)









Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *