Bupati Basel Lanching Sekaligus Buka Bimtek Aplikasi SISKEUDES

JAKARTA – Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan Selatan melalui Dinas Pemerbedayaan Masyarakat Desa Bangka Selatan melaksanakan kegiatan lauching sekaligus Bimtek Investarisasi Aset Desa serta Implementasi Aplikasi Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES) Online 2.0.5.

Launching dan bimbingan teknis dibuka langsung oleh Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid bertempat di Luminor Hotel Kota Jakarta, Selasa (13/6/23) pagi. Hadir dalam acara Kepala Kejaksaan Negeri Bangka Selatan, Riama Sahite, Kepala Inspektorat Bangka Selatan, Pinondang Dominggus Marpaung.

Dalam arahanya, Bupati Bangka Selatan mengatakan bahwa dalam pengelolaan keuangan desa harus dikelola berdasarkan asas transparan, akuntabel, pastisipatif, serta dilakukan dengan tertib dan disiplin anggaran.

β€œHal ini bertujuan untuk memajukan serta memakmurkan desa, untuk dapat mewujudkan tujuan tersebut, maka desa harus memiliki SDM yang unggul. Terutama dalam hal mengoperasikan sebuah teknologi komputer serta harus bisa mengoperasikan aplikasi Siskeudes,” terang Riza.

Sementara itu, Ketua APDESI Bangka Selatan, Mukhlis Insan menyampaikan, kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan serta pemahaman terhadap aplikasi Siskeudes.

Dia berharap dapat menghasilkan sumber daya manusia terampil dan mumpuni serta dapat menambah wawasan pengelolaan keuangan desa saat yang saat ini sangat urgen dan sensitive pada pemerintahan desa.

Bacaan Lainnya

β€œ Persoalan keuangan desa selalu menjadi sorotan baik bagi masyarakat maupun oleh lembaga lainnya yang terkait dengan pemerintahan desa. Harapanya dengan adanya aplikasi Siskeudes bisa memudahkan dalam proses pengadministrasian keuangan khususnya bagi pemerintah desa,” ujar Mukhlis kepada Mediaqu.

Adapun pelaksanaan bimtek selama lima hari, dari tanggal 12 s.d 16 Juni 2023. Bimtek diikuti 200 orang peserta diantaranya merupakan operator desa serta operator kecamatan se- Bangka Selatan. (Suf)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *