Fasilitas Inap BPJS Kesehatan di RSUD Basel Penuh

dr. Muhammad Fauzan

BANGKA SELATAN – Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Bangka Selatan, dr Muhammad Fauzan mengungkapkan, terjadi lonjakan pasien yang dirawat di Rumah Sakit Umum, khususnya ruang inap BPJS Kesehatan.

“Ruangan dirumah sakit sekarang penuh. Peningkatan luar biasa, tapi memang diakhir – akhir tahun ini biasanya kasus sakit degenerative naik,” ujarnya kepada Mediaqu.co, Senin (12/12/22).

Guna mengantisipasi pasien BPJS Kesehatan yang tidak kebagian kamar rawat inap, saat ini RSUD Bangka Selatan sedang mempersiapkan ruangan, yang jika pasien BPJS Kesehatan penuh, akan di tempatkan sementara di ruangan baru tersebut.

“Ruangan yang kita siapkan ini sampai ada ruangan 72 tempat tidur. Saat ini tidak ada lagi kelas- kelas, kalau penuh kelas tiga, pindah ke kelas dua, kalau penih pindah ke kelas satu,” jelasnya.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan melalui Bupati, Riza Herdavid melaunching Universal Health Coverage (UHC), di kawasan Pantai Kelisut, Kelurahan Tanjung Ketapang, Toboali, Minggu (11/12/22).

Bersamaan dengan kegiatan memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 58 dan Hari Keluarga Nasional (HKN) ke 29, Bupati juga mengumumkan dari total penduduk 201.948 jiwa, sebanyak 147.765 masyarakat Kabupaten Bangka Selatan sudah terdaftar sebagai program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS)

Bacaan Lainnya

“Dengan jumlah 194.026 jiwa masyarakat Kabupaten Bangka Selatan yang sudah terdaftar, artinya 96,8 persen penduduk di Kabupaten Bangka Selatan dijamin saat berobat. Maka dilaunching UHC karena syarat UHC sendiri, cakupan masyarakat yang terdaftar minimal 95 persen. Daerah kita sudah melampaui target ditentukan,” kata Riza.

Dijelaskan orang nomor satu di Negeri Beribu Pesona ini, dengan cukup membawa KTP, masyarakat Bangka Selatan yang membutuhkan pelayanan kesehatan bisa terlayani pada 8 Puskesmas, dan 2 rumah sakit pemerintah sebagai fasilitas kesehatan.

“Tercapainya UHC ini merupakan wujud janji kami berdua dengan Wakil Bupati Bangka Selatan dalam program kesehatan. UHC bisa memberikan pelayanan kesehatan kepada seluruh masyarakat Bangka Selatan dengan mudah dan cepat,” tutur Riza. (Suf)

 

 

 

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *