Kapolda Babel Salurkan Bantuan Air Bersih dan Sembako

BANGKA TENGAH – Didampingi sejumlah pejabat utama, Kapolda Kepulauan Bangka Belitung, Irjen Pol Drs. Yan Sultra Indrajaya menyalurkan bantuan air bersih dan sembako di Desa Batu Belubang, Kecamatan Pangkalan Baru, Rabu (13/9).

Dalam sambutannya yan Sultra mengungkapkan, bantuan air bersih itu dari Polri dan TNI untuk membantu masyarakat Bangka Belitung yang kekeringan.

Bulan September ini mulai banyak wilayah yang mengalami kekeringan. Bangka Belitung memiliki daerah daratan tinggi, yang pada musim kemarau mudah kekurangan air.

Salah satu daerah kekeringanan air yaitu di Desa Batu Belubang, yang memiliki 3800 warga dan ada 4 RT yang kekurangan air bersih.

“Oleh karena itu, kami bersama TNI Polri dan juga instansi terkait khususnya dari desa kita bantu masyarakat. Tak hanya bantuan air bersih tapi juga bantuan sembako,” ungkap dia.

Pembagian air bersih dan sembako ini dilaksanakan serentak di seluruh kabupaten serentak di manapun daerah yang mengalami kekeringan.

“Mudah – mudahan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat Bangka Belitung, khususnya daerah yang mengalami Kekeringan,” imbuh dia.

Yan Sultra meminta kepada masyarakat agar tidak membakar lahan kering, dan juga tidak sembarangan membuang puntung rokok. Karena musim kemarau ini banyak kebakaran hutan ataupun lahan kebun.

“Oleh karena itu, saya menghimbau kepada masyarakat untuk tidak sembarangan membakar hutan dan lahan, kita bersama-sama menjaga lingkungan agar terhindar dari kebakaran,” kata dia.

Lanjut Kapolda, kalau ada kesengajaan membakar hutan dan lahan pasti ada konsekuensinya. Beberapa daerah punya kawasan hutan dan juga kebun masyarakat yang perlu dilindungi, karena musim kemarau ini rawan terjadi kebakaran.

“Kami sudah siap semua mulai dari BPBD dan Stakeholder terkait dengan TNI – Polri, untuk siap membantu ketika ada kejadian Kebakaran,” beber dia.

Kapolda juga meminta informasi dari masyarakat yang daerahnya mengalami kekeringan, sehingga bisa dibantu khususnya air bersih dan sembako.

“Semua kita berdayakan termasuk perlengkapan Polri dengan alat – alat yang bisa membantu penyaluran air bersih kepada masyarakat. kami juga punya kendaraan yang bisa di olah dan bisa langsung di minum,” terang dia.

“Dan juga dari instansi lain kita berkoordinasi untuk tujuan ini. Mudah – mudahan ke depan semua bisa bergerak bersama – sama dalam momentum ini, sehingga semua bisa peduli terhadap masyarakat yang kekeringan air,” demikian Kapolda. (*)


Sumber: Bid Humas

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *