Marjan dan Toha Peroleh Penghargaan Paralegal Justice Award

Foto : Diskominfo Basel

BANGKA SELATAN – Prestasi membanggakan ditorehkan oleh Kepala Desa Pangka Buluh, Marjan dan Kepala Desa Sumber Jaya Permai, Toha Maksum di tingkat nasional. Pasalnya ia menjadi salah satu Kades di Indonesia yang berhasil meraih penghargaan Paralegal Justice Award 2023 di Discovery Hotel Jakarta, pada Kamis (1/6/2023) malam.

Kegiatan ini digelar oleh Badan Pembinaan Hukum Nasional Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Mahkamah Agung, bersama dengan Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia.

“ Keduanya dari Kabupaten Bangka Selatan yang mendapatkan penghargaan Paralegal Justice Award dalam kategori penyelesaian berbagai konflik atau permasalahan hukum secara non litigasi yang dihadapi oleh masyarakat di wilayahnya,” ujar Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bangka Selatan Yuri Siswanto.



Yuri berharap penghargaan itu dapat memacu para kepala desa lainnya, serta membantu penanganan permasalahan hukum ringan yang ada di daerahnya, sehingga tidak perlu sampai di aparat penegak hukum, serta secara tidak langsung dapat mendorong berkurangnya tingkat over kapasitas di Lapas dan Rutan.

“ Jadi ilmu yang telah diperoleh oleh kedua kepala desa ini pada Paralegal Academy tersebut dapat disebarkan kepada kepala desa lainnya, sehingga permasalahan hukum yang terjadi dapat diselesaikan dengan baik dan secara kekeluargaan tanpa harus mengadili,” pungkas Yuri. (Suf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *