Merindukan Hujan, SD Muhammadiyah Toboali Gelar Sholat Istisqa

BANGKA SELATAN – Ratusan siswa SD Muhammadiyah Toboali, Kabupaten Bangka Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, menggelar sholat Istisqa untuk meminta hujan, di masjid sekolah setempat, Jumat (15/9/23) pagi.

Sebelum melakukan sholat, guru terlebih dahulu mengajarkan niat dan tata cara sholat Istisqa kepada para siswa. Sesaat setelahnya, mereka melakukan sholat meminta hujan secara berjamaah dengan imam guru, Ustad Yahya.

Kepala Sekolah SD Muhammadiyah Toboali, Eduward Apriliansyah menyampaikan, bahwa ada 338 siswa dan 30 guru beserta pegawai yang mengikuti sholat meminta hujan. Setelah sholat dua rakaat dilanjutkan khotbah.

“Tadinya pelaksanaannya di lapangan, akan tetapi karena lapangan sekokah sedang pembangunan maka kegiatan dialihkan ke Masjid Tarbiyah Toboali,” kata dia kepada Mediaqu.

Ia juga mengatakan, sholat Istisqa merupakan pembelajaran kepada peserta didik SD Muhammadiyah Toboali, bahwa ada tata cara yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW pada masa kepemimpinannya ketika menghadapi masa kemarau yang panjang.

“Sholat ini bertujuan untuk memohon hujan yang diakibatkan adanya kemarau panjang dan cuacanya pun bisa dibilang lebih panas dari tahun-tahun sebelumnya,” jelasnya.

Bacaan Lainnya

Eduward mengungkapkan, kemarau panjang tidak hanya membuat sawah-sawah mulai kekeringan, namun juga berakibat kebakaran lahan dan hutan. Dia pun berharap dijatuhkan rahmat Allah SWT sehingga hujan.

“Pada dasarnya, bahwasanya ketika kita sedang kesusahan terlebih saat kondisi kering itu, ada sunahnya melaksanakan sholat Istisqa,” pungkasnya. (Suf)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *