Polisi Siaga, Anggota Sabhara Polres Basel Berjibaku Padamkan Karhutla

BANGKA SELATAN – Anggota Sabhara Polres Bangka Selatan turun langsung ke lapangan untuk ikut memadamkan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di lahan kosong, wilayah Komplek Perkantoran Parit 3, Kecamatan Toboali, Kabupaten Bangka Selatan, Kamis (14/9/23).

Anggota dari Polsek Toboali dan Polres Bangka Selatan bergerak cepat membantu memadamkan api yang membakar lahan yang ditumbuhi pepohonan, semak dan tanaman liar lainnya dengan struktur tanah gambut.

Informasi kebakaran lahan ini diketahui setelah adanya informasi dari warga. Mendapatkan informasi tersebut, Wakapolres Bangka Selatan, Kompol Hary Kartono, didampingi Kasat Shabara, IPTU Perdana beserta anggota gerak cepat langsung ke lokasi kejadian Karhutla.

“Kebakaran hutan dan lahan merupakan masalah serius di banyak daerah di Indonesia, terutama saat musim kemarau seperti sekarang ini,” kata Wakapolres Bangka Selatan, Kompol Hary Kartono kepada Mediaqu.

Menurut dia, Karhutla dapat menyebabkan kerusakan lingkungan yang signifikan, mengancam kehidupan satwa liar, serta memberikan dampak negatif pada kualitas udara dan kesehatan masyarakat.

“Kami sangat bersyukur dan bangga atas kerja keras semua pihak yang terlibat dalam pemadaman Karhutla ini. Kita semua memiliki tanggung jawab untuk menjaga lingkungan dan melindungi masyarakat dari dampak buruk kebakaran hutan dan lahan,” ujar Hary Kartono.

Bacaan Lainnya

Wakapolres juga mengingatkan masyarakat Negeri Junjung Besaoh untuk selalu berhati-hati dan tidak melakukan pembakaran terbuka yang dapat memicu kebakaran hutan dan lahan. Dia juga menegaskan bahwa aparat Kepolisian akan terus memantau dan mengambil tindakan tegas terhadap para pelanggar hukum terkait Karhutla.

“Apabila memang nantinya terbukti ada unsur kesengajaan terkait peristiwa tersebut, kita tidak akan segan untuk melakukan tindakan tegas kepada yang melanggar sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku,” tegasnya. (Suf)


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *