Sekda Basel Himbau Jaga Keamanan dan Keselamatan saat Mudik

BANGKA SELATAN – Mudik atau pulang ke kampung halaman saat libur lebaran atau Idul Fitri sudah menjadi tradisi sebagian besar masyarakat di tanah air.

Menyikapi hal itu, Sekda Bangka Selatan, Eddy Supriadi menyampaikan imbauan kepada para pemudik agar bisa pulang kampung saat lebaran dengan selamat dan kembali lagi ke rumah tanpa kekurangan satu apapun.

Hal tersebut disampaikan Eddy usai Apel Pasukan Operasi Ketupat 2023, di halaman Mapolres Bangka Selatan, Senin (17/4/2023). Operasi tersebut bertujuan meningkatkan keselamatan dan keamanan para pemudik di Kabupaten Bangka Selatan.

“Yang pertama, cek kondisi kendaraan. Untuk masyarakat yang akan mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi harus memastikan agar kondisi kendaraan laik jalan dan dalam kondisi baik,” katanya di konfirmasi Mediaqu.

Selanjutnya, cek kesiapan dan kesehatan sebab kesiapan tubuh yang prima dan kesehatan yang baik akan menjadikan suasana mudik untuk bersilaturahmi dengan kerabat dan saudara jauh akan lebih menyenangkan.

“Jadi selama di perjalanan juga tidak akan terkendala. Lalu cek kondisi rumah lantaran hal ini sangat penting sebelum ditinggalkan. Seperti memeriksa semua pintu dan jendela sudah tertutup dan terkunci dengan rapat,” jelasnya.

Eddy juga meminta beberapa hal kepada beberapa Organisasi Perangkat Daerah dan stakeholder lainnya agar pelaksanaan mudik lebaran 2023 berjalan dengan baik.

Dia meminta dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum melakukan pengecekan kondisi jalan yang akan dilalui para pemudik, guna memastikan kelaikan infrastruktur jalanan; dalam kondisi baik.

Eddy juga meminta Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Satpol-pp, serta Dinas Kesehatan benar-benar mematangkan persiapan dan kesiapan dari segala aspek perjalanan mudik Lebaran tahun ini.

“Sehingga kelancaran momen mudik melalui berbagai kebijakan yang tepat dapat terealisasi pada libur Lebaran tahun ini,” ujarnya.

Adapun ia mengimbau masyarakat, khususnya yang memiliki rencana mudik tahun ini agar dapat secara bijak memilih waktu lebih awal dalam melakukan perjalanan mudik dan menghindari prediksi puncak arus mudik Lebaran.

“Hal ini kita lakukan demi pertimbangan kenyamanan dan kelancaran arus lalu lintas saat perjalanan mudik,” pungkasnya. (Suf)







Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *