PT Timah Tbk

Berdayakan UMKM Lokal, PT Timah Tbk Antar ‘Tukenia’ Jadi Camilan Favorit Masyarakat Bangka

BANGKA — Berkat dukungan program kemitraan dan pembinaan dari PT TIMAH Tbk, Kurnia Ningsih atau Nia, pelaku UMKM asal Bangka, berhasil mengembangkan usaha camilan kulit ayam crispy dengan merek “Tukenia”.

Produk yang sempat terhenti akibat pandemi COVID-19 ini kini kembali bangkit dan menjadi salah satu usaha kuliner lokal yang diminati masyarakat.

Melalui program Pendanaan Usaha Mikro Kecil (PUMK), Nia mendapatkan bantuan modal serta kesempatan mengikuti berbagai pelatihan dan pameran yang diselenggarakan oleh PT TIMAH Tbk. Dukungan ini membuka peluang baru bagi usahanya untuk berkembang lebih luas.

“Kami tidak hanya dibantu modal, tapi juga dibina. PT TIMAH Tbk sering melibatkan kami di pameran nasional dan event perusahaan. Ini sangat membantu promosi produk kami,” ujar Nia, Jumat (17/10/2025).

Baca juga  Jadi Mitra Binaan PT Timah Tbk, Kedai Makan Sunarti Semakin Luas dan Nyaman

Selain itu, ia mengaku kemitraan dengan CSR PT TIMAH Tbk memberikan kemudahan dalam mengakses permodalan tanpa syarat rumit dan bunga yang memberatkan.

“Prosesnya mudah, dan angsurannya ringan,” tambahnya.

Kini, usaha “Tukenia” tak hanya memproduksi camilan kulit ayam crispy, tetapi juga memperluas lini bisnis dengan membuka gerai minuman teh kekinian seperti teh rosella, teh hijau, dan teh original Solo. Inovasi ini menjadi langkah Nia dalam memperkuat daya saing produknya di pasar lokal.

Nia berharap sistem penyaluran dana kemitraan bisa kembali dikelola langsung oleh PT TIMAH Tbk seperti sebelumnya, tanpa perantara bank.

“Kalau bisa langsung dari PT TIMAH Tbk lagi, itu lebih memudahkan pelaku UMKM seperti kami,” ungkapnya.

1 2Laman berikutnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!