Riza Ingatkan Jaga Kesehatan Calon Jamaah Haji

BANGKA SELATAN – Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan menggelar ramah tamah bersama 132 calon jamaah Haji asal Kabupaten Bangka Selatan pada musim haji 1445 Hijriah atau 2014 Masehi yang dihadiri langsung oleh Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid di Gedung Serba Guna, Senin (6/5/24).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Bangka Selatan, Debby Vita Dewi, Kepala Kejari Bangka Selatan, Riama Br Sihite, Kepala kantor Kementerian Agama Bangka Selatan H. Jamaludin, dan para pimpinan OPD yang ada dilingkungan Pemkab Bangka Selatan.

Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid mengatakan bahwa pelaksanaan ibadah Haji selain perjalanan spiritual, ibadah Haji juga merupakan perjalanan mental dan fisik.

“Jadi pelaksanaan ibadah haji di Mekkah sangat diperlukan mental dan fisik. Tentunya dari segi kesehatan dan medis dengan suhu yang panas tersebut harus kita persiapkan diri, seperti banyak minum air putih yang cukup,” katanya.

Selain itu juga, sambung orang nomor satu di Negeri Junjung Besaoh ini bahwa ibadah haji juga masuk dalam kategori ibadah fisik.

“Oleh karena itu jaga kesehatan juga, karena jutaan manusia berada di sana, tentunya persiapan kesehatan para jamaah Haji perlu disiapkan sedemikian rupa, salah satunya imunisasi suntik meningitis, agar kita tidak terjangkit penyakit yang tidak ada di tempat kita,” ujarnya.

Bacaan Lainnya

Riza juga menyampaikan pesan kepada calon jamaah Haji asal Kabupaten Bangka Selatan untuk tetap menjaga kekompakan dalam melaksanakan ibadah Haji, karena ibadah Haji tersebut waktunya panjang.

“Jadi diperlukan kekompakan diantara kita semua, kekompakan kita jaga, serta kesabaran juga perlu kita jaga, karena didalam pelaksanaan ibadah Haji kekompakan, kesabaran dan keikhlasan akan diuji dalam perjalanan ibadah Haji ini,” ucapnya.

Dia juga meminta kepada calon jamaah Haji agar untuk senantiasa menjaga nama baik daerah terkhusus Kabupaten Bangka Selatan.

“Sekali lagi pesan saya, jaga kesehatan. Dehidrasi atau kurang cairan harus diwaspadai. Minum yang banyak. Diatur dengan baik pola makan. Dahulukan yang utama dulu, baru lakukan yang lain,” pungkasnya. (Suf)


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *