22 November, Kepala Perpusnas dan Bupati Basel Resmikan Gedung Perpusda

BANGKA SELATAN – Gedung baru Perpustakaan Daerah Kabupaten Bangka Selatan di Komplek Perkantoran Terpadu Pemda setempat dijadwalkan akan diresmikan oleh Kepala Perpustakaan Nasional, Muhammad Syarif Bando, dan Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid pada pada 22 November 2023.

Peresmian gedung baru Rp 9.750.000.000 ini merupakan bantuan dari Pemerintah Pusat yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus. Maka dalam peresmiannya nanti akan melibatkan Perpusnas dan pemerintah daerah dengan ditandai dengan pemotongan untaian melati dan penandatanganan prasasti.

“Peresmian gedung baru perpustakaan daerah ini akan digelar dengan sejumlah rangkaian acara. Ditambah ada pula rangkaian acara yang diselenggarakan dari Disarpus Kabupaten Selatan sendiri,” ungkap Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bangka Selatan, Sumadi kepada Mediaqu, Senin (30/10/23).

Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan meningkatkan fasilitas Perpustakaan Umum Daerah dua tingkat ini dengan megah yang dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap. Antara lain lobi, ruang registrasi untuk pendaftaran dan pembuatan kartu, lalu ada ruang multimedia, ruang anak-anak, ruang pameran dan area ekspresi pengunjung.

“Selain menyediakan buku-buku, Perpusda Bangka Selatan juga ada e-Book dan perpustakaan digital. Juga ada fasilitas R baca R workshop R audio visual, arena pameran serta juga ada Axtension Perpusda yaitu Pocadi Pojok Baca Digital, yang kita tempatkan di Wisma Pongok di Simpang Lima yang merupakan hibah dari Perpusnas. In syaa Allah akan kita lauching pada hari yang sama,” jelas Sumadi.

Bacaan Lainnya

Ia berharap kehadiran gedung perpustakaan ini dapat menjadikan masyarakat gemar membaca. Tujuanya untuk meningkatkan SDM, dan perlu mendorong minat baca untuk anak – anak dan semua generasi. Apalagi dewasa ini, membaca status lebih diminati dari pada membaca buku. Selain itu, SDM unggul harus disiapkan dengan gemar membaca.

Harapanya juga dengan kehadiran perpustakaan umum ini dapat memberikan dampak positif bagi warga Kabupaten Bangka Selatan karena dengan adanya perpustakaan umum ini warga yang sadar akan pentingnya literasi akan meningkatkan sumber daya manusia.

“Dan tentunya akan memajukan Bangka Selatan karena literasi merupakan bagaimana kita dapat memberikan dan menciptakan manfaat dari apa yang kita baca dan tulis. Dengan hadirnya Perpusda ini dapat semakin membangkitkan generasi muda Bangka Selatan semakin gemar membaca, sehingga akan lahir generasi-generasi kreatif dan inovatif,” pungkas Sumadi. (Suf)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *