Sumbar Juarai Lomba Layang-layang Raih Sepeda Motor

BANGKA TENGAH – Layang layang bernama ’SUMBAR’ menjuarai lomba layang layang yang diadakan Pecinta Layang layang Dusun C Lubuk Bear Kabupaten Bangka Tengah Sabtu (28/10/2023). Atas keberhasilannya, Layang layang ‘Sumbar’ meraih satu unit sepeda motor.

Lomba yang diikuti 200 pecinta layang layang yang tidak hanya berasal dari Kabupaten Bangka Tengah tapi juga dari Pangkalpinang, Bangka Barat dan Kabupaten Bangka tersebut diadakan selama tiga hari, mulai Kamis tanggal 26 Oktober dan final Sabtu tanggal 28 Oktober. Sistem penilaian pada lomba ini adalah layang – layang yang bisa tegak paling tinggi dalam waktu tiga menit.

Menurut Syafri, salah satu masyarakat Dusun Simpang C, lomba ini diadakan adalah untuk menjawab kerinduan masyarakat pencinta layang layang terhadap kreativiitas pengemarnya dalam membuat layang layang.

“Para pencinta layang layang ingin layangan yang mereka juga dihargai dan dinilai lebih baik, Penilaian terhadap kreativitas itu akan terbukti dengan bisa bersaing dalam perlombaan,” katanya.

Pada lomba yang setiap peserta dikutip uang pendaftaran sebesar Rp250 ribu itu, katanya, selain sepeda motor sebagai hadiah pertama, juara kedua meraih kulkas dan ketiga mesin cuci.

“Kami juga memberikan hadiah hiburan berupa doorprize,” jelasnya.

Sementara itu, Ardi Mayor salah satu anggota tim SUMBAR menyebutkan bahwa lomba ini mengingatkan dia pada kehidupan masa kecil di kampong halamannya di Kabupaten Solok, Sumatera Barat.

“Hobi seperti ini juga Bermain layangan adalah permainan yang biasa kami lakukan setiap hari, tidak hanya bagi masyarakat Kabupaten Solok tapi hamper diseluruh Wilayah Sumatera Barat. Jadi tidak heran, dalam setiap Alek Nagari lomba layang layang pasti ada,” katanya.

Sedangkan An, owner RM Simpang Kubang, yang juga anggota TIM SUMBAR, masyarakat Sumatera Barat yang di Bangka Belitung bermain layangan ini adalah juga salah satu cara bagi mereka untuk terus berinteraksi dan meningkatkan silaturahhin sesama perantau Minang.

“Sebelum ikut lomba yang diadakan pecinta layangan dari daerah lain, kami biasanya menguji layangan kami dengan layangan teman sekampung. Seleksi seperti i tidak dilakukan secara resmi,” jelasnya.

Tim Sumbar, kata An, sekarang sedang mempersiapkan satu tim yang lebih tangguh untuk menghadapi lomba layang layang yang akan diadakan Perkumpulan Keluarga Daerah Piaman (PKDP) pada tanggal 8 – 12 November mendatang di Lapangan Mandara Pangkalpinang.

“Hadiah pada lomba itu nantinya selain sepeda motor juga ada sepada listrik, kulkas, mesin cuci dan hadah lainnya,” kata An. (repli)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *