Puskesmas Toboali Terima Penghargaan Tertinggi IVA dan Sadanis se-Babel

BANGKA SELATAN – Unit Pelaksana Teknis Pusat Kesehatan Masyarakat ( UPT Puskesmas) Kecamatan Toboali, Kabupaten Bangka Selatan membanggakan atas keberhasilannya.

Pasalnya, UPT Puskesmas Toboali meraih penghargaan kategori cakupan skrining IVA (Inspeksi Visual Asetat) dan Sadanis Tertinggi se- Kepulauan Bangka Belitung belum lama ini.

Kepala UPT Puskesmas Toboali, dr Rudi Hartono mengaku sangat bersyukur atas piagam penghargaan tersebut. Menurutnya penghargaan diraih berkat keberhasilan pemeriksaan dan pengendalian melalui deteksi dini kanker serviks di wilayahnya.

“Alhamdulillah, UPT Puskesmas Toboali menjadi fasilitas kesehatan masyarakat Toboali yang paling banyak melakukan pemeriksaan, yaitu 125 pemeriksaan kepada pasien,” ujarnya kepada Mediaqu, Senin (14/3/23).

Diungkapkannya, setiap dua menit di dunia seorang perempuan meninggal karena kanker leher rahim. Pada stadium awal, penyakit ini sering tidak menimbulkan gejala atau tanda yang khas.

“Sedangkan penyakit kanker payudara adalah merupakan keganasan sel-sel pada jaringan payudara. Pada umumnya kanker ini ditandai dengan munculnya benjolan atau penebalan pada jaringan kulit payudara,” jelasnya.

Rudi pun berharap seluruh masyarakat agar mau dan proaktif mengikuti kegiatan tes Inspeksi visual dengan asam asetat yang dilaksanakan oleh fasilitas kesehatan yang ada di Kabupaten Bangka Selatan.

“Kesehatan lebih penting dan mencegah itu lebih baik dibanding mengobati. Dengan pemeriksaan IVA dan Sadanis, kita bisa lebih awal mendeteksi apakah ada kanker atau tidak,” pungkasnya. (Suf)






Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *